Kamis, 19 Maret 2015

ANJUNGAN MINYAK LEPAS PANTAI YANG MELEDAK HEBAT

 Deepwater Horizon adalah ultra-deepwater rig pengeboran minyak lepas pantai, yang diposisikan secara dinamis, semi-submersible, milik Transocean. Dibangun pada tahun 2001 di Korea Selatan oleh Hyundai Heavy Industries, rig tersebut disewakan kepada BP dari tahun 2001 sampai September 2013. Pada bulan September 2009, rig membor sumur minyak terdalam dalam sejarah pada kedalaman vertikal 35.050 ft
(10.683 m)
Seperti yang dikutip dari Alam Mengembang Jadi Guru, Pada tanggal 20 April 2010, saat pengeboran di Prospek Macondo, terjadi sebuah ledakan di rig yang menewaskan 11 kru dan memicu bola api yang terlihat dari 50 mil (80km) jauhnya. Api yang dihasilkan tidak bisa dipadamkan, dan, pada tanggal 22 April 2010, Horizon Deepwater tenggelam, dan menyebabkan tumpahan minyak lepas pantai terbesar dalam sejarah AS.
Pada tanggal 20 April 2010, panggilan mayday dari rig pengeboran minyak lepas pantai, Deepwater Horizon, di Teluk Meksiko melaporkan terjadinya ledakan dan menandai awal dari salah satu bencana lingkungan terbesar buatan manusia di Amerika Serikat. Saat ini, dampak lingkungan, ekonomi, dan politik dari tumpahan minyak tersebut barulah dirasakan – tetapi apa yang terjadi di hari rig tersebut terbakar, sebelum besarnya bencana seperti yang dirasakan sekarang ini menjadi nyata?
National Geographic Channel memperoleh rekaman yang tidak pernah dilihat oleh publik sebelumnya, eksklusif dari US Coast Guard, produksi kru NGC dan salvage company yang merespon 36 jam pertama setelah ledakan.Berikut adalah beberapa foto mengerikan namun menarik dari ledakan yang terjadi di rig minya Deepwater Horizon hingga tenggelam:
Tambang minyak lepas pantai Deepwater Horizon terbakar di lepas pantai Louisiana. 126 orang diperkirakan berada di atas rig Deepwater Horizon pada saat ledakan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar